Selasa, 21 Februari 2012

Belanda Menerapkan Larangan Burqa Atau Cadar

Semakin jelaslah betapa beratnya tantangan muslimat di negara Belanda negara yang pernah menjajah Indonesia begitu lama.


Pemerintah minoritas Belanda berencana untuk melarang cadar dan bentuk lain dari pakaian yang menutupi wajah pada tahun depan.

Larangan itu akan membuat Belanda, di mana 1 juta dari 17 juta warganya adalah Muslim, menjadi negara Uni Eropa kedua yang melarang burqa setelah Perancis, dan akan memberlakukan larangan tersebut di tempat-tempat umum.

"Orang harus bisa melihat wajah satu sama lain dan mengenali satu sama lain ketika mereka bertemu," kata kementerian urusan dalam negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat kemarin (27/1).

Larangan itu juga akan berlaku untuk helm sepeda motor ketika dipakai di tempat yang tidak patut, seperti di dalam toko, Wakil Perdana Menteri Maxime Verhagen mengatakan kepada wartawan, menyangkal bahwa larangan yang akan diterapkan hanya berfokus pada pakaian keagamaan.

Politisi Anti-Islam Geert Wilders dari Partai Kebebasan (PVV), telah menetapkan tekanan politik yang cukup kepada pemerintah Belanda untuk mendapatkan larangan cadar diresmikan menjadi undang-undang.

Dilaporkan beberapa wanita Muslim di Belanda mengenakan niqab yang hanya memperlihatkan mata dan burqa ala Afghanistan yang menutupi wajah sepenuhnya. Akademisi memperkirakan terdapat 100 hingga 400 wanita muslim Belanda yang mengenakan cadar.

Pemerintahan Koalisi Belanda sendiri sepakat untuk mengajukan hukum baru kepada parlemen pekan depan untuk menetapkan bahwa pelanggar akan didenda hingga 390 euro ($ 510).

Verhagen mengatakan larangan itu dimaksudkan untuk memastikan bahwa tradisi komunikasi terbuka dihargai dalam masyarakat Belanda bisa ditegakkan, dan untuk mencegah orang dari menyembunyikan identitas mereka dalam mengantisipasi melakukan kejahatan.


Semakin ditekan maka umat Islam akan semakin dikenal dinegara Belanda. Sehingga membuat banyak orang penasaran akan Islam, apa betul Islam seperti itu? maka mereka yang penasaran akan mencari jawabannya yang notabene mereka secara tidak sadar mempelajari Islam. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar